HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0 The founding members and signatories who represent the International Consortium for Court Excellence

Inovasi Pengadilan

INOVASI PENGADILAN NEGERI KOLAKA :

 

SIJETAS

SIJETAS adalah inovasi layanan Pengadilan Negeri Kolaka berupa fasilitas kendaraan roda empat yang disediakan oleh Pengadilan Negeri Kolaka untuk menjemput dan mengantar kembali bagi masyarakat pencari keadilan khususnya penyandang disabilitas, yang mana inovasi tersebut dapat membantu dan memudahkan penyandang disabilitas datang ke Pengadilan Negeri Kolaka untuk melakukan proses berperkara atau pendaftaran permohonan. Penyandang disabilitas yaitu setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Wilayah layanan SIJETAS meliputi Kecamatan Kolaka dan Kecamatan Latambaga dikarenakan wilayah tersebut masih berada disekitaran Kantor Pengadilan Negeri Kolaka yang dapat dijangkau, tidak menutup kemungkinan wilayah layana SIJETAS akan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penyandang disabilitas

APLIKASI IKK KEREN (IZIN KELUAR KANTOR INTEREN)

Aplikasi Izin Keluar Kantor Interen (IKK Keren) adalah aplikasi berbasis android yang digunakan oleh aparat Pengadilan Negeri Kolaka apabila ingin keluar kantor. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan aparatur melakukan izin keluar kantor, mempercepat proses izin, dan memudahkan pimpinan, atasan atau pegawai lain dalam hal memonitor keberadaan pegawai. 

Gambar tampilan IKK Keren dan alur prosesnya 

 

PTSP Online

Aplikasi yang dapat diakses langsung dari website untuk memudahkan pengunjung website dan/atau para pencari keadilan untuk berkonsultasi dengan petugas PTSP Pengadilan Negeri Kolaka tanpa perlu datang atau bertatap muka secara langsung Mengingat pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai dan tidak semua masyarakat dapat mengunjungi kantor Pengadilan karena jarak rumahnya yang jauh, kini Pengadilan Negeri Kolaka telah membuat Inovasi berupa PTSP Online. Inovasi PTSP Online ini berbasis website dan dapat diakses oleh semua masyarakat melalui website Pengadilan Negeri Kolaka atau masyarakat dapat mengaksesnya secara langsung melalui laman https://pn-kolaka.go.id/hubungi/ptsp-online.html

PTSP Online memiliki beberapa layanan diantaranya:

A.Video Call

Layanan Via Video Zoom Meeting Layanan ini bertujuan bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi dengan interaksi dua arah secara virtual dengan operator PTSP Online Pengadilan Negeri Kolaka, dalam hal ini pengguna atau masyarakat wajib memilikI aplikasi dan akun zoom. 

Melayani dengan Zoom Meeting

B.Call Center

Layanan Via Telepon Layanan ini bertujuan untuk Anda yang ingin mengobrol langsung atau berkonsultasi dengan Operator PTSP Online Pengadilan Negeri Kolaka melalui telepon selular. Masyarakat dapat menghubungi PTSP Online kami di nomor telepon 0823- 4658-5557

Call Center PTSP Online

C.Meja Informasi Online

Layanan Via Chat Website Layanan ini bertujuan bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi terkait administrasi di Pengadilan Negeri Kolaka melalui aplikasi yang terhubung dengan operator PTSP Online Pengadilan Negeri Kolaka via website. Untuk mengaksesnya, pengunjung website dapat mengklik icon “PTSP Online” yang terletak di pojok kanan bawah website Pengadilan Negeri Kolaka ( http://pn- kolaka.go.id/ ).

PTSP Online via livechat

Sebelum memulai chat atau konsultasi dengan petugas PTSP Online, pengunjung / masyarakat wajib mengisi formulir data diri berupa Nama, Email, Alamat dan Pertanyaan yang ingin diajukan.

\

Tampilan chatting PTSP Online

Setelahnya, petugas PTSP Online akan membalas pertanyaan pengunjung dengan ramah dan sesegera mungkin. Saat ini, petugas PTSP Online Pengadilan Negeri Kolaka dibagi menjadi 3 jenis pelayanan diantaranya Layanan PTSP Online Perdata, Layanan PTSP Online Pidana, dan Layanan PTSP Online Hukum.

HARI JAM KERJA JAM ISTIRAHAT
SENIN - KAMIS 08.30 - 16.00 12.00 - 13.30
JUMAT 08.30 - 16.00 11.30 - 13.30

Jam Kerja PTSP Online

Apabila petugas PTSP sedang offline, pengunjung dapat mengirimkan pesan atau pertanyaan melalui icon “Offline” yang berada di bagian pojok kanan bawah website Pengadilan Negeri Kolaka dan nantinya petugas PTSP Online akan membalasnya dengan sesegera mungkin ke email yang telah pengunjung isikan pada formulir icon “Offline” tersebut.   

e-Berpadu

e-berpadu merupakan layanan terpadu dari Mahkamah Agung Republik Indonesia, bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum di Wilayah Sulawesi Tenggara. Layanan yang disediakan diantaranya:

  1. e-Penahanan : Perpanjangan Penahanan Seluruh Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara
  2. e-Penyitaan : Pengajuan Izin Penyitaan Seluruh Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara
  3. e-Penggeledahan : Pengajuan Izin Penggeledahan Seluruh Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara
  4. e-Petikan Putusan : Permohonan Petikan Putusan Seluruh Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara
  5. e-Besuk: Permohonan Izin Besuk Tahanan Seluruh Pengadilan Negeri se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara
  6. e-Pelimpahan : Pengajuan pelimpahan perkara 

Untuk penggunaannya, Anda dapat melihat tutorialnya pada youtube resmi PN Kolaka : Aplikasi eBerpadu Elektronik Berkas Pidana Terpadu Mahkamah Agung dan Tutorial e-Pelimpahan pada Aplikasi e-Berpadu Mahkamah Agung

 

e-PANJAR

Aplikasi menampilkan data informasi sisa panjar biaya perkara Anda. Untuk mengetahuinya silakan akses di laman https://bit.ly/epanjarpnkolaka atau silakan scan barcode berikut. Barcode tersebut juga tersedia di meja PTSP Pengadilan Negeri Kolaka. Aplikasi menampilkan data informasi sisa panjar biaya perkara Anda.

 

e-Brosur

Brosur yang dibuat secara digital agar masyarakat mengetahui proses tata cara pendaftaran perkara (perdata,pidana dan hukum) melalui perangkat masing-masing dengan scan barcode yang ada di website, dan ruang tunggu serta menerapkan paperless. Atau silakan akses link berikut bit.ly/brosurpnkolaka

 

Antrian Digital: Antri Ki Dhi

Antri Ki Dhi adalah aplikasi antrian digital yang dapat digunakan oleh untuk mengatur antrian masyarakat pencari keadilan yang berkepentingan terkait dengan bagian meja hukum, perdata, pidana, umum, ecourt dan antrian prioritas. Dengan adanya aplikasi antrian PTSP ini bisa mempermudah para pencari keadilan untuk mengantri sesuai nomor antrian tersebut, selain itu Aplikasi juga menyediakan informasi menu Layanan yang ada di Pengadilan negeri Kolaka 

 

   Tampilan Antri Ki Dhi di layar Monitor
 

Antrian yang dapat dipilih oleh pengunjung

 

 

Informasi layanan per bagian dan Hasil cetak nomor antrian

 

APLIKASI E-AGENDA

Aplikasi e-Agenda ini merupakan media pengelola dan penyimpan informasi agenda kegiatan Pengadilan Negeri Kolaka baik kegiatan yang bersifat online ataupun offline. Aplikasi dapat diakses secara online melalui laman https://bit.ly/eagendapnkka

Agenda kegiatan yang selama ini dicatat dalam buku atau catatatan kertas per individu masih sering kita jumpai begitu juga agenda elektronik yang dipublikasikan ke grup Whatsapp belum cukup membantu pimpinan dan aparatur untuk melihat update kegiatan perhari. Aplikasi e-agenda ini dibuat agar kegiatan dapat terlaksana secara teratur dan sesuai dengan yang direncanakan. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pimpinan dan aparatur dalam mengetahui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di kantor Pengadilan Negeri Kolaka selama tahun 2023. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan masalah penjadwalan agenda kegiatan

 

Asisten Virtual Meambo - AVIRMBO

Layanan ini bertujuan bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi perkara dan layanan di Pengadilan Negeri Kolaka melalui aplikasi yang terhubung dengan operator PTSP Online Pengadilan Negeri Kolaka via aplikasi whatsapp.

Asisten Virtual Meambo atau biasa disingkat AVIRMBO, merupakan aplikasi berbasis chat otomatis melalui whatsapp yang dapat beroperasi selama 24 jam. Masyarakat dapat menghubungi AVIRMBO di nomor whatsapp 0823-4658-5557.atau silakan klik laman berikut AVIRMBO

Avirmbo menyediakan 2 menu utama yang dapat diakses oleh masyarakat pencari keadilan, diantaranya menu info dan menu layanan. Masyarakat atau pengguna hanya perlu chat via whatsapp ke nomor 0823-4658-5557 dan mengetikan “INFO” untuk mendapatkan informasi perkara atau “LAYANAN” untuk mendapatkan informasi layanan. Berikut informasi-informasi yang dapat diinformasikan oleh AVIRMBO: 

Menu LAYANAN:  Menu INFO:
1. Surat Keterangan Tidak Pernah dipidana, dll. ketik : eraterang 1. Perdata gugatan
2. Pengaduan, ketik : pengaduan 2. Pidana biasa
3. Sosial media, ketik : sosial media 3. Jadwal Sidang
4. PTSP online, ketik : ptsp 4. Laporan Statistik Perkara
5. Brosur online, ketik : brosur 5. Denda Tilang
6. Sisa panjar online, ketik : sisa panjar 6. e-Litigasi
  7. Biaya Radius Panggilan

Tampilan chat AVIRMBO

 

e-Pengawasan

e-Pengawasan , menyajikan data informasi beserta eviden reformasi birokrasi menuju WBK/WBBM pada link https://linktr.ee/pengawasankinerjapnkka

  

Denda tilang Online

Untuk pengumuman denda tilang silakan akses laman https://bit.ly/dendatilang

 

e-Posbakum

Inovasi yang menyajikan informasi mengenai posbakum dan prodeo serta formulir permohonan posbakum yang dapat diunduh, selain itu juga memuat form kunjungan

 

e-mirabel

e-Mirabel adalah formulir elektronik yang memudahkan masyarakat pencari keadilan, khususnya penyandang disabilitas dalam mengakses layanan di Pengadilan Negeri Kolaka. Untuk mengaksesnya silakan melalui laman http://bit.ly/emirabelpnkolaka

VIDEO YOUTUBE : KLIK DISINI

Berikut tahap penggunaan aplikasi e-mirabel.

Link ulasan Mirabel: https://bit.ly/ulasanmirabel_pnkolaka

Rating dan ulasan yang kamu kasih bikin pelayanan Mirabel semakin baik ke depannya. Jadi jangan lupa diisi ulasannya yaa!

 ------------------------------------------------------------------

Bantu kami untuk Pelayanan yang Bersih dan Melayani, Bebas dari Korupsi dengan tidak memberikan tip berupa apapun, sogokan, suap, uang pelicin, ataupun tanda terima kasih dalam bentuk apapun kepada Aparat Peradilan. 🙂

/*userway*/